alt/text gambar

Minggu, 20 September 2015

Topik Pilihan:

Dua Jenis Opini di Media Massa:


1. Opini yang mewakili lembaga disebut: tajuk rencana, pojok, opini, atau rubrik. Tajuk rencana (editorial) biasanya ditulis oleh pemimpin redaksi (pemred) atau redaktur pelaksana.

2. Opini yang mewakili perorangan disebut: kolom

Tambahan:

Umumnya, tajuk rencana atau editorial disajikan berdampingan dengan kolom opini, surat pembaca atau hotlinepublicservice. Setiap surat kabar tentu punya ciri khas masing-masing. Di Indonesia, hanya Harian Kompas yang punya dua tajuk rencana: masing-mengulas tentang nasional dan internasional. Saat awal-awal berdiri, tajuk rencana Kompas selalu ditulis oleh Jakob Oetama, pemimpinredaksi (pemred kala itu). Tajuk rencana yang bagus, contohnya, adalah Kompas dan Koran Tempo. Tajuk rencana di kedua surat kabar itu selalu memberikan kesan argumentatif, tegas, jelas, dan memotivasi publik untuk menegakkan keadilan. Tajuk rencana menggambarkan kebijakan editorial yang tegas. Idealnya, editorial atau tajuk rencana ditulis sesuai dengan headline (berita utama) ketika surat kabar itu terbit. Sangatlah lucu jika ada surat kabar yang berita utamanya adalah peristiwa lokal, tapi tajuk rencananya berisi peristiwa nasional atau internasional. "Tulisan tajuk rencana harus menyampaikan fakta-fakta, lalu perspektif," kata Jakob Oetama.



0 komentar:

Posting Komentar