alt/text gambar

Minggu, 25 Agustus 2024

Topik Pilihan:

IMMANUEL KANT: SAPERE AUDE

๐Š๐š๐ง๐ญ: ๐’๐ž๐ญ๐ข๐š๐ฉ ๐Ž๐ซ๐š๐ง๐  ๐‡๐š๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐๐ž๐ซ๐š๐ง๐ข ๐Œ๐ž๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ค๐ข๐ซ๐š๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐’๐ž๐ง๐๐ข๐ซ๐ข!


โ€œSapere audeโ€ atau โ€œberanilah berpikir sendiriโ€ merupakan semboyan zaman pencerahan yang dipopulerkan oleh Immanuel Kant, seorang filsuf Jerman. Kutipan tersebut dapat ditemukan dalam artikel Kant berjudul Apa itu Pencerahan?. 


Adapun teks utuh pernyataan Kant berbunyi:


โ€œ๐‘ƒ๐‘’๐‘›๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘—๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘’๐‘™๐‘ข๐‘Ž๐‘Ÿ ๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘ข๐‘ ๐‘–๐‘Ž ๐‘‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘– ๐‘˜๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜๐‘‘๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘Ž๐‘› ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘–๐‘ ๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘œ๐‘™๐‘’โ„Ž ๐‘˜๐‘’๐‘ ๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘ ๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘Ÿ๐‘–. ๐พ๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜๐‘‘๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘Ž๐‘› ๐‘š๐‘’๐‘Ÿ๐‘ข๐‘๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜๐‘š๐‘Ž๐‘š๐‘๐‘ข๐‘Ž๐‘› ๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘˜ ๐‘š๐‘’๐‘š๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘”๐‘ข๐‘›๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘ก๐‘Ž๐‘›๐‘๐‘Ž ๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘Ž๐‘› ๐‘œ๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘™๐‘Ž๐‘–๐‘›. ๐พ๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜๐‘‘๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘›๐‘– ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘Ž๐‘˜๐‘–๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐‘˜๐‘’๐‘ ๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘ ๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘Ÿ๐‘–, ๐‘—๐‘–๐‘˜๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘›๐‘ฆ๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘ ๐‘˜๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜๐‘‘๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘ก๐‘ข ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘ก๐‘’๐‘Ÿ๐‘‘๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก ๐‘๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž ๐‘˜๐‘ข๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘™, ๐‘š๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘–๐‘›๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž ๐‘˜๐‘’๐‘ก๐‘’๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘› โ„Ž๐‘Ž๐‘ก๐‘– ๐‘‘๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘’๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘Ž๐‘› ๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘˜ ๐‘š๐‘’๐‘š๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘”๐‘ข๐‘›๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘ก๐‘Ž๐‘›๐‘๐‘Ž ๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘Ž๐‘› ๐‘œ๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘™๐‘Ž๐‘–๐‘›. ๐‘†๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘’ ๐ด๐‘ข๐‘‘๐‘’! ๐‘€๐‘–๐‘™๐‘–๐‘˜๐‘–๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘˜๐‘’๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘Ž๐‘› ๐‘ข๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘˜ ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘”๐‘”๐‘ข๐‘›๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘š๐‘ข ๐‘ ๐‘’๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘Ÿ๐‘–! ๐ด๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘ ๐‘’๐‘š๐‘๐‘œ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘› ๐‘๐‘’๐‘›๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘›โ€.


Menurut F. Budi Hardiman dalam buku Pemikiran Modern: Dari Machiavelli sampai Nietzsche, semboyan sapere aude memuat suatu keyakinan bahwa rasio merupakan kemampuan manusiawi yang sentral. Semboyan itu juga menjelaskan bahwa kemampuan baru menjadi aktual jika dikaitkan dengan suatu keutamaan, yakni keberanian. Sementara itu, Achmad Dhofir Zuhry melihat bahwa sapere aude menjadikan manusia tak lagi tunduk pada kemapanan dalam segala bidang, termasuk agama yang cenderung mengekang dan seringkali dijadikan kendaraan politik untuk mengumpulkan elektoral.

Namun, kedua pandangan tersebut bukan berarti menyatakan bahwa sapere aude adalah perlawanan dan permusuhan manusia terhadap agama. Lebih tepat, kemapanan itu sendiri boleh jadi terselubung dan tersembunyi di balik teks-teks suci agama. Keberanian menggunakan pikiran tak hanya mendobrak kemapanan, tetapi membuat manusia menjadi merdeka.

Dalam hemat saya, melalui ungkapan sapere aude, Kant ingin mendorong orang-orang agar mereka berani mengucapkan pikirannya sendiri, kendati pemikirannya mungkin bertentangan dengan keyakinan agama atau pemikiran umum. Seyogyanya, sapere aude harus menjadi prinsip bagi setiap orang agar mereka bisa terbebas dari belenggu pemikiran orang lain, dan meraih kemerdekaan dengan bersandar pada pemikirannya sendiri.


------------------------------------

Penulis: Indra Nanda Awalludin

Editor: Prima Cahyadi

-----------------------------------

Akses semua situs Historical Meaning:

linktr.ee/HistoricalMeaning

------------------------------------

Sumber: 

https://www.facebook.com/share/p/kmhDwJcPhzqKcxUJ/?mibextid=oFDknk

0 komentar:

Posting Komentar